Pada tanggal 28 November 2019 diresmikannya Penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 11 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada saat Apel Pagi dengan pembacaan Komitmen dan simbolis peresmian Kawasan Tanpa Rokok Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar oleh Purwati, SKM, M.Kes selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat. Kemudian dilaksanakan Pembacaan Pakta Integritas oleh Seluruh Pegawai sebagai tanda komitmen dalam melaksanakan, mematuhi dan membantu pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok di Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.
Penerapan Kawasan Tanpa Rokok ini bertujuan untuk
memberikan perlindungan dari bahaya merokok, memberi lingkungan yang bersih serta sehat, dan meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan untuk hidup sehat.
Di area Kawasan Tanpa Rokok Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar tidak ada aktivitas merokok atau memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produk tembakau.
Sanksi administrasi bagi pelanggar yaitu
Apabila ada yg merokok akan mendapatkan denda sedikitnya 100.000.
Apabila mempromosikan, mengiklankan, menjual atau membeli rokok di area Kawasan Tanpa Rokok dikenakan denda paling banyak 10.000.000.